PROKOMPIM

Prokompim Adalah

MEMAHAMI DUNIA KEPROTOKOLAN DENGAN PROKOMPIM

PROKOMPIM adalah Protokol Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Bertugas untuk urusan pemerintahan terutama dalam memfasilitasi pimpinan daerah yaitu Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah (Sekda) serta pimpinan lainnya.

Terdapat tiga bagian dalam Prokompim yang jika dilihat dari strukturalnya adalah kasubag protokol, fungsional kehumasan dari komunikasi pimpinan dan kefungsian humas yaitu pendokumentasian pimpinan.

Menurut Kepala Bagian Prokompim.com dalam talkshow, keprotokolan secara aturan tertuang dalam Undang-Undang Nomor 9 tahun 2010 pasal 1 ayat 1 yaitu serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi meliputi tata tempat, upacara, dan tata penghormatan.

Seperti sebutannya, tata penghormatan itu diterapkan sebagai bentuk peghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan atau kedudukan dalam negara, pemerintahan, dan masyarakat.

Masih membahas topik serupa, berdasarkan keterangan dari Kasubag Protokol Setda, Apep Ridwan keprotokolan sendiri adalah orang yang diserahi tugas mengatur dalam suatu acara, upacara, atau kegiatan lain.

“Protokol, keprotokolan, dan protokoler itu berbeda. Protokol lebih mengarah kepada orang atau petugasnya, protokoler lebih mengarah kepada hasil pekerjaan atau kegiatan protokol, keprotokolan itu sesuai dengan UU no 9 tahun 2010 pasal 1 ayat 1 seperti apa yang tadi sudah dijelaskan,” ujarnya.

Di dalam UU no 9 tahun 2010 juga ada tiga hal yang diatur yaitu tata tempat seperti pengaturan mengenai tempat terhadap seseorang sesuai jabatan di dalam kenegaraan pemerintahan maupun masyarakat. Selanjutnya ada tata upacara, dan ketiga adalah tata penghormatan.

Tata penghormatan dalam suatu acara juga disesuaikan dengan tamu VIP atau VVIP yang dapat berbeda setiap acara.

Tamu VIP dan VVIP tersebut sama-sama disesuaikan dengan acara yang dijalankan sehingga bisa narasumber, pejabat negara, pemerintahan, atau masyarakat tertentu yang secara aturan dan perundang-undangan diatur dan diberikan penghormatan keprotokolan.

Tambah Komentar